Freeport Indonesia Raih Hashtag Asia Awards 2025
PT Freeport Indonesia (PTFI) meraih Silver Award dalam kategori Best Social Media Education or Awareness Campaign di ajang Hashtag Asia Awards 2025 di Singapura, pada 13 Juni 2025. Penghargaan ini diberikan atas kampanye edukasi PTFI berjudul Breaking the Myths of Freeport atau mematahkan mitos-mitos tentang PTFI.
“Penghargaan ini sangat berkesan bagi Freeport Indonesia. Kami berharap melalui kampanye ‘Breaking The Myths of Freeport’, publik dapat mengenal lebih dekat dan memahami Freeport Indonesia. Serta yang paling penting adalah mendapatkan informasi yang akurat langsung dari sumbernya,“ kata Vice President Corporate Communications PT Freeport Indonesia Katri Krisnati yang hadir menerima penghargaan.
Katri menjelaskan kampanye melawan mitos-mitos PTFI dirancang untuk melawan misinformasi dan mengedukasi Generasi Milenial dan Gen Z (usia 18-35 tahun) mengenai kontribusi PTFI serta menepis persepsi negatif yang beredar. PTFI bekerja sama dengan IDN Times, memanfaatkan program Suara Millennial yang dipandu oleh influencer Jovial da Lopez untuk menyajikan isu pertambangan dengan cara yang menarik dan mudah dipahami.
Sebelum meluncurkan kampanye, IDN Times melakukan riset mendalam untuk memahami pandangan Generasi Milenial dan Gen Z terhadap PTFI. Berdasarkan temuan tersebut, kampanye ini menekankan pada pematahan tiga mitos utama yaitu mitos bahwa komoditas utama PTFI adalah emas, mitos PTFI tidak memiliki dampak positif pada masyarakat Papua, dan mitos PTFI perusahaan tertutup milik asing.
“Semua mitos itu terjawab dengan fakta-fakta yang ada di lapangan sehingga publik bisa langsung melihat kebenarannya,” kata Katri.
Kampanye ini diimplementasikan melalui serangkaian unggahan di media sosial (Instagram) dan video di kanal YouTube IDN Times, serta akun host atau influencer Jovial da Lopez (@Jovialdalopez) yang memiliki 1 juta pengikut.
Hasilnya, kampanye ini berhasil mengubah narasi PTFI di kalangan audiens muda melalui konten visual yang menarik dan relevan. Kampanye ini mencatatkan hasil signifikan dengan lebih dari 473 ribu paparan di YouTube dan Instagram, serta peningkatan percakapan dan citra positif perusahaan. Metrik spesifik meliputi 250 ribu lebih views YouTube, 5,9 ribu lebih likes YouTube, 223 ribu lebih reach Instagram, dan 7,2 ribu lebih engagement Instagram.
“Keberhasilan ini membuktikan bahwa industri pertambangan mampu menjangkau generasi milenial dan Gen Z secara efektif,” kata Katri.
Hashtag Asia Awards merupakan ajang penghargaan bergengsi yang diselenggarakan oleh Marketing-Interactive. Penghargaan ini mengakui pencapaian luar biasa dalam dunia digital di Asia, menjadi platform untuk menunjukkan kreativitas dan inovasi dalam komunikasi digital.
Terdapat beragam kategori penghargaan dalam Hashtag Asia Awards. PTFI masuk dalam kategori Best Social Media Education or Awareness Campaign bersama perusahaan terkemuka lainnya di dunia seperti National Environment Agency (Gold Award), Blu BCA Digital (Bronze Award), AIA Singapore, Cathay Pasific, Hong Kong Correctional Services Department, Singtel, Standard Chartered Bank, dan Watsons Philippines.
Dewan juri Hashtag Asia Awards terdiri dari para profesional terkemuka di bidang pemasaran, komunikasi korporat, dan digital dari berbagai perusahaan dan agensi di seluruh Asia. Mereka adalah para ahli yang memiliki pengalaman luas dan pemahaman mendalam tentang tren serta inovasi dalam industri digital.
Kembali Ke List